Senin, 01 Juni 2015

Potret Manusia Paradoksal dalam Humor


Judul: Ijab Kibul (Kumpulan Puisi Glenyengan)
Penulis: Slamet Widodo
Penerbit: Pena Kencana, 2013
Tebal: 192 Halaman (hardcover)

Mendengar kata glenyengan, serius tapi guyon alias bercanda, saya selalu teringat pada kumpulan kolom Umar Kayam yang pernah dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta. Di dalam kolom-kolom tersebut Umar Kayam selalu menyampaikan sesuatu yang serius dengan cara yang jenaka.

Begitu juga dengan kumpulan puisi ini. Banyak persoalan yang terjadi di sekitar kita disampaikan dengan lewat puisi dengan gaya yang mengundang tawa. Tawa yang bukan dipicu oleh sekadar  tingkat kelucuan sebuah puisi, melainkan karena paradoks terdapat dalam puisi tersebut,

Gaya puisi Slamet Widodo mengungatkan saya pada gaya penulisan Linus Suryadi ketika menulis Pengakuan Pariyem, ataupun F Rahardi ketika menulis Migrasi Para Kampret. Gaya ini merupakan "perkawinan" antara prosa dan puisi. Di sana tak ada bahasa ataupun pilihan kata yang terlampau personal, namun bahasa  ataupun pilihan kata yang mudah dipahami oleh umum. Inilah yang membuat kumpulan puisi ini dapat dinikmati oleh siapa saja.

Saya kutipkan salah satu puisi berujudul Belajar Golf Pertama Kali,

Di tempat memukul bola
aku mencoba mengayun
kuambil yang paling ringan
kuayun-ayunkan... kediku tertawa
"Itu pater, pak, untuk di green."
dasar kampungan aku tertawa
padahal green dan pater aku tak tahu itu apa

Puisi di atas memang menggambarkan seseorang yang baru pertama main golf di kota besar. Na un secara umum ia menggambarkan karakter manusia yang selalu kikuk menghadapi sesuatu yang baru. Paradoksnya, ia tidak bertanya untuk mengetahui sesuatu yang baru, melainkan berlagak sok tahu agak tidak dikira kampungan atau dianggan ndeso.

Antologi puisi ini menarik untuk dibaca. Dari buku ini kita diperlihatkan berbagai persoalan, mulai persoalan dari politik, sosial, hingga kebudayaan.***





1 komentar:

awdawd mengatakan...

trimakasih infonya...
sangat menarik dan bermanfaat..
salam sukses...