Minggu, 07 Juni 2015

Indonesia di Mata Diplomat Amerika



Judul: Seperti Bulan dan Matahari
Penulis: Stanley Harsa
Penerbit: Penerbit Buku Kompas, 2015
Halaman: 253 Halaman

Sebagai mantan diplomat Amerika yang lama berada di Indonesia, dengan lingakaran pergaulannya yang luas, ditambah pernikahannya dengan seorang perempuan Indonesia, penulis buku ini memiliki pemahaman yang cukup luas mengenai Indonesia. Tidak mengherankan jika pandangan-pandangannya tentang Indonesia cukup berdasar dan tidak mengesankan "hanya asal bicara".

Dalam kumpulan tulisannya ini, Harsha banyak melakukan kritik terhadap sejumlah persoalan politik, ke budayaan, serta toleransi antar umat beragama di Indonesia. Lewat kritiknya ia berusaha meluruskan pandangan orang Indonesia yang keliru memahami kebijakan-kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah Amerika dalam sejumlah persoalan, sebut saja mengenai terorisme setelah tragedi 911 tahun 2001. Tidak mengeherankan jika kemudian buku terkesan memiliki aroma proganda Amerika di sana-sini.

Namun, di sisisi lain ia juga tidak segan untuk mengritik pemerintah Amerika dengan kebijakan-kebijakan terkait terorisme, misalnya saja keputusan untuk menyerang Afganistan usai tragedi 911. Juga ketika Presiden Bush mengeluarkan istilah-istilah yang dapat memperkeruh suasana. Lihat saja ketika Harsha mengritik pernyataan Bush yang menyebut istilah Islamofacism. Menurutnya, istilah ini kurang tepat, dan dapat meluaskan ketidaksukaan umat Islam terhadap Amerika. Kritik serupa juga disampaikan ketika Bush menggunakan istilah "Perang Salib" yang jelas merujuk kepada perang melawan Islam.***

1 komentar:

sepatu Online mengatakan...

setelah saya baca saya merasa mendapatkan ilmu baru
dari artikel ini Artikel ini menarik untuk saya,
Trimakasih telah berbagi artikel di website

kalo sempat mampir ke Toko saya
Pusat Sepatu Bagus