Selasa, 09 Juni 2015

Kegelisahan Seorang Sinolog




Judul: Seribu Senyum dan Setetes Air Mata
Penulis: Myra Sidharta
Penerbit: Buku Kompas, 2015
Tebal: 328 Halaman

Cover buku ini menyebutkan bahwa buku ini merupakan kumpulan esai. Bagi saya tidak. Apa yang ditulis oleh Myra saya rasa lebih merupakan kumpulan catatan ataupun kolom Myra atas apa yang ditemuinya sehari-hari. Menariknya, dari catatan-catatan ini kita diajak untuk merenungkan berbagai hal, mulai dari kebudayaan, kemanusiaan, hingga politik.

Dari apa yang saya amati dari buku ini, saya melihat Myra memanng memiliki cakrawala pengetahuan yang luas, sehingga banyak hal yang dapat ia singgung dalam tulisannya. Ini, saya kira, bukan saja  merupakan hasil kejeliannya mengamati apa yang terjadi di lingkungannya, melainkan juga buah dari kekayaan subyektivitas Myra yang luar biasa. Seperti kita tahu, ia adalah seorang psikolog sekaligus sinolog yang mumpuni.

Sebagai ahli sinologi, tidak mengeherankan jika Myra beberapa kali menyampaikan sejumlah persoalan mengenai "nasib" Tionghoa peranakan di Indonesia, misalnya mengenai asimilasi yang didorong oleh Orde Baru. Karena alasan asimilasi keturunan Tionghoa di Indonesia diminta untuk mengganti nama Tionghoa dengan nama asli Indonesia.

Meskipun Myra mengatakan dirinya setuju dengan proses ini, namun toh ia tetap melihat bahwa mengganti nama Tionghoa dengan nama Indonesia bukan perkara gampang. Sebab nama Tionghoa merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan daengan latar belakang budaya. Artinya, meminta mengubah nama Tionghoa sama dengan merenggut keturunan Tionghoa dari akar budaya mereka.

Hal lain yang menarik dari kumpulan tulisan Myra adalah gaya penulisan yang sangat cair dengan tambahan gaya humor sesekali. Itu yang membuat tulisan Myra enak untuk dibaca.***

7 komentar:

jadwalsport mengatakan...

artikelnya yg sangat menarik,,

nonton flim online mengatakan...

buku resensinya mantap bos.sangat bermanfaat..
saya suka bacanya..

jual token listrik online mengatakan...

cerita Seribu Senyum dan Setetes Air Mataini sangat meanrik gan..
makasih atas infonya gan...salam kenal dan salam sukses.

H2H Token listrik mengatakan...

buku resensi ni benar2 sangat menarik dan sangat bermanfaat sekali gan..
makasih banyak atas informasinya gan..
salam kenal dan salam suksese.

Agen Pulsa Online mengatakan...

artikel tentang resensi ni benar2 sangat meanrik boss...makasih infonya boss... :n

Distributor Pulsa mengatakan...

artikelnya yg sangat menarik,,

maknaaksara mengatakan...

sangat bermanfaat terima kasih