Jumat, 01 Juni 2012

Etnis Tionghoa dan Keindonesiaan




Judul: Peranakan Tionghoa di Indonesia
Penulis: Iwan Santosa
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Tebal: xx+ 316 halaman
Tebit: Juni, 2012



Eksistensi etnis Tionghoa memiliki tempat tersendiri dalam sejarah bangsa Indonesia.  Mereka tidak hanya memiliki andil dalam pertumbuhan dan perkembangan masyarakat,  melainkan juga berkontribusi bagi pergerakan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Pertanyaannya, bagaimana eksistensi etnis Tionghoa dalam konteks kekinian? Pertanyaan ini diajukan karena etnis Tionghoa masih memiliki identitas kultural yang tidak mungkin lenyap begitu saja.

Seperti halnya identitas Jawa yang tidak bakal hilang ketika seorang Jawa melebur dalam kenyataan Indonesia. Sama halnya dengan identitas Padang yang tidak bakal hilang ketika orang Padang menyatakan diri menjadi anak sah dari Indonesia.

Artinya, memperbincangkan keberadaan etnis Tionghoa tetap menarik meskipun sesungguhnya dalam entitas Indonesia, tidak ada lagi identitas mayoritas ataupun minoritas,yang ada hanyalah identitas Indonesia.

 Buku mencoba untuk memberikan sebuah gambaran umum mengenai kondisi masyarakat Tionghoa kontemporer. Tidak hanya terbatas pada etnis Tionghoa yang berada di perkotaan,  namun juga keturunan Tionghoa yang berada di pinggiran, misalnya saja mereka yang disebut dengan Cinta Benteng yang bermukim di Tangerang, Banten.

Keberadaan warga Cina Benteng mematahkan anggapan umum  bahwa keturunan Tionghoa selalu hidup berkecukupan. Warga Cinta Benteng justru sebaliknya. Mereka tidak berbeda dengan warga marjilan  pada umumnya yang selalu tersisihkan, terancam penggusuran, bahkan sering menerima tindakan-tindakan diskriminatif.

Konteksnya tentu bukan soal tuntutan privelese bagi keturunan etnis Tionghoa, namun tuntutan untuk dihargai, diperlakukan, dan diberikan hak yang sama seperti warga Indonesia lainnya. Toh pada dasarnya mereka sudah turun-temurun berada di Indonesia, menghirup udara Indonesia, dan bahkan melalukan kewajiban sebagai warga negara pada umumnya.

Buku ini juga seperti ingin memperlihatkan betapa tidak ada alasan untuk mempraktikkan diskriminasi terhadap masyarakat keturunan Tionghoa. Apalagi sejak jauh-jauh hari mereka mencoba mempraktikkan akulturasi. Perlakukan diskriminatif hanya akan membuat jurang yang kian menganga antar etnis.

Tidak hanya memotret keberadaan masyarakat keturunan Tionghoa di Jakarta, buku ini juga mengungkapkan sisi kehidpan etnis Tionghoa di wilayah lain di di Indonesia,  seperti di Semarang, Yogyakarta, Simgkawang, Padang hingga Aceh.
Dari Semarang buku ini melaporkan Pecinan Semarang yang tidak pernah mati. Salah satunya adalah Jalan Semawis yang selalu diramaikan oleh gerai-gerai kuliner di malam hari. Keramaiannya memuncak terutama pada malam minggu.
Jalan Semawis bukan sekadar tempat wisata kuliner, melainkan juga simbol geliat keguyuban masyarakat keturunan Tionghoa di kota itu. Seperti ingin diperlihatkan bahwa masyarakat Tionghoa masih hidup dan tetap dapat hidup berdampingan dengan warga Semarang lainnya.
Pendeknya buku ini ingin menunjukkan serbaneka kehidupan masyarkat keturunan Tionghoa di Indonesia. Meskipun tidak dapat mengungkapnya secara komprehensif, namun dari sini kita dapat terbuka ruang-ruang perspektif untuk melihat bagaimana masa depan masyarakat keturunan Tionghoa dan identitas keindonesiaan.***

1 komentar:

tokoafandi mengatakan...

ada diskon buku, katalognya bisa di download disini: http://tokoafandi.com/index.php?route=information/information&information_id=10